Meskipun sudah banyak asuransi kesehatan yang menawarkan proses klaim mudah untuk nasabah, sebenarnya tidak satu pun orang yang berharap akan mengajukan klaim tersebut. Contohnya saja, semudah apa pun proses klaim yang ditawarkan oleh Allianz klaim, tentunya kita tidak berharap kelak akan jatuh sakit dan harus mengajukan klaim tersebut, bukan? Nah, karena itu, sehebat apa pun asuransi kesehatan yang kita miliki, kita tetap harus berusaha menjaga kesehatan diri sendiri. Nah, kunci dari kesehatan tubuh, salah satunya adalah metabolisme yang berjalan lancar.metabolisme

Apa itu metabolisme? Metabolisme adalah proses yang terjadi agar tubuh mendapatkan energi. Namun banyak orang yang menyangka metabolisme hanya terjadi di organ pencernaan. Metabolisme memang bergantung dengan proses pencernaan tapi metabolisme berlangsung di berbagai sel dalam tubuh. Singkatnya, metabolisme merupakan proses ketika tubuh mengubah zat gizi yang sudah dicerna menjadi energi untuk menjalankan fungsi tubuh. Mulai dari berpikir, bernapas, bergerak, dan lain-lain.

Tidak terbayang jika proses metabolisme terganggu. Pastinya sistem dan fungsi tubuh pun akan terganggu. Oleh sebab itu, kita harus menjalani gaya hidup sehat untuk memperlancar proses metabolisme dalam tubuh. Akan tetapi, kelainan metabolisme bisa terjadi karena gen atau sudah merupakan bawaan. Berikut inilah penyakit bawaan yang menyebabkan gangguan metabolisme (source: hellosehat.com):

  • Maple syrup urine disease. Proses metabolisme ini terganggu akibat adanya asam amino tertentu yang menyebabkan degenerasi sel neuron semakin cepat. Kondisi ini dapat menyebabkan kematian pada bayi bahkan pada beberapa bulan pertama.
  • Merupakan kondisi yang menyebabkan tubuh tidak mampu memproduksi enzim. Selain itu, penyakit ini juga menyebabkan keterbelakangan mental, kerusakan organ dan postur tubuh.
  • Membuat tubuh menyimpan zat besi berlebihan pada beberapa organ yang justru berbahaya dan bisa menyebabkan kanker hati, sirosis hati, diabetes, dan penyakit jantung.
  • Malabsorpsi glukosa dan galaktosa. Kondisi di mana tubu tidak mampu mengirim glukosa dan galaktosa melalui dinding perut dengan benar. Efeknya justru akan mengakibatkan diare dan dehidrasi parah.
  • Penyakit Gaucher’s. Pada penyakit ini, tubuh tidak mampu memecah jenis lemak tertentu dan akibatnya lemak mengumpul pada limpa, hati, dan sumsum tulang belakang.

Itu dia beberapa penyakit yang mengganggu metabolisme. Semoga informasi ini bisa bermanfaat! (Rima)