Biasanya asuransi kesehatan terbaik sudah disediakan oleh perusahaan untuk para pekerja. Namun, bagaimana jika Anda dan partner Anda tidak memiliki profesi sebagai karyawan atau bekerja di perusahaan yang belum dilengkapi dengan asuransi kesehatan? Tentu Anda harus memikirkan cara bagaimana supaya tetap bisa memproteksi kesehatan keluarga dengan maksimal.asuransi kesehatan

Namun, memilih asuransi kesehatan keluarga juga dibutuhkan pertimbangan. Jika tidak mengetahui strategi atau cara yang tepat dalam memilih asuransi kesehatan keluarga, bisa-bisa manfaatnya juga tidak akan dirasakan dengan maksimal. Nah, apa sih yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli asuransi kesehatan agar kelak manfaatnya bisa dirasakan dengan maksimal?

  • Pilih perusahaan asuransi yang terpercaya

Sekarang ini perusahaan asuransi telah menjamur. Berbagai macam nama perusahaan berlomba-lomba untuk menarik nasabah. Namun, jangan sampai salah pilih. Pilihlah perusahaan yang track record-nya baik. Coba cek dari beberapa sumber, termasuk teman-teman yang mungkin sudah berpengalaman membeli asuransi kesehatan. Meskipun perusahaan asuransi yang terpercaya identik dengan brand­ perusahaan yang besar dan sudah lama berdiri, bukan berarti perusahaan asuransi yang lain tidak bisa dipercaya. Jika Anda menemukan perusahaan asuransi yang belum cukup terkenal tapi sudah terpercaya, mengapa tidak?

  • Tentukan fasilitas kesehatan yang paling diperlukan

Asuransi kesehatan keluarga biasanya juga dibagi lagi menjadi beberapa jenis, tergantung dengan fasilitas dan manfaat yang diberikan. Oleh sebab itu, tentukanlah fasilitas kesehatan yang paling Anda perlukan. Sebaiknya prioritaskan pada manfaat rawat inap sebab biaya rawat inaplah yang jauh lebih mahal dibanding dengan rawat jalan.

  • Perlu manfaat tambahan atau tidak

Selain itu, pikirkan juga apakah Anda membutuhkan manfaat tambahan atau tidak. Baca polis dengan teliti dan cermati apakah ada risiko yang belum ditanggung dalam polis tersebut. Misalnya seperti tambahan asuransi penyakit kritis, persalinan, dan lain-lain. Jika Anda hanya membutuhkan perlindungan kesehatan standar, maka Anda bisa memilih asuransi murni karena kelebihannya yaitu lebih fokus memberikan perlindungan maksimal pada satu risiko.

  • Cek besaran premi

Setelah menimbang-nimbang apa saja manfaat yang Anda butuhkan, penting juga untuk mengecek dan mengonsultasikan berapa jumlah premi yang harus Anda bayar. Pertimbangkan juga apakah premi yang Anda bayarkan kelak bisa dikembalikan jika tidak terjadi klaim. Besarnya premi benar-benar harus diperhatikan agar tidak menjadi beban finansial keluarga.

Itulah beberapa cara penting agar Anda dan keluarga dapat merasakan manfaat yang diberikan asuransi dengan maksimal. (Rima)