Sembelit merupakan kondisi dimana seseorang sulit untuk buang air besar karena jarangnya buang air besar dan juga feses yang keras. Gangguan pencernaan ini memang umum dialami  oleh semua kalangan masyarakat. Meskipun terkesan sepele, apabila kondisi ini tidak kunjung membaik maka Anda tetap disarankan untuk langsung mengonsultasikannya ke dokter menggunakan asuransi rawat jalan untuk meringankan biaya yang Anda keluarkan.

Biasanya, sembelit ini juga ditandai dengan mengerasnya feses dan juga perut yang menjadi keras dan kaki karena feses terlalu lama menumpuk di dalam usus. Untuk meringankan kekhawatiran Anda, artikel ini akan membahas hal-hal seputar penanganan sembelit yang dapat Anda lakukan di rumah dengan mudah. Yuk, simak lebih lanjut!

 

  1. Memperbanyak konsumsi makanan yang berserat

Penyebab yang mungkin saja membuat Anda mengalami konstipasi atau sembelit adalah kurangnya supan serat di dalam tubuh. Padahal serat pada makanan ini dapat membantu menyerap air dengan ekstra sehingga feses pun bisa menjadi lebih lunak dan buang air besar pun menjadi lancar. Maka dari itu, apabila Anda mengalami sembelit, cobalah untuk perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi seperti gandum, apel, jeruk, kacang-kacangan, alpukat, brokoli, dan lain-lainnya.

 

  1. Memperbanyak pola makan

Jika Anda kurang mengonsumsi makanan yang memiliki asupan vitamin B12, maka Anda kaan lebih rentan untuk mengalami sembelit. Maka dari itu, Anda bia memmulai untuk memperbanyak makanan yang mengandung B12 seperti kiwi, oatmeal, liday buaya hingga nasi untuk membantu Anda dalam melanarkan buang air besar yang menganggu keseharian Anda.

 

  1. Memenuhi kebutuhan cairan setiap harinya

Biasanya, sembelit juga diakibatkan oleh kurangnya cairan dalam tubuh hingga dehidrasi. Maka dari itu, apabila Anda mengalami sembelit cobalah untuk memperbanyak minum air putih karena cairan sangat diperlukan oleh usus besar untuk mengolah sisa makanan menjadi feses. Maka, apabila seseorang kekurangan air di dalam tubuhnya, usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang dimakan  sehingag feses pun menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan oleh tubuh.

 

  1. Rutin dalam berolahraga

Tidak hanya menyehatkan fisik saja, rutin olahraga pun juga dapat membantu Anda dalam melancarkan buang air besar karena dengan bergeraknya tubuh akibat olahraga, tubuh sangat terbantu dalam hal menyerap makanan dengan lebih baik lagi dan juga membuat usus tetap aktif bergerak. Semakin aktif usus bergera maka semakin cepat pula pergerakan makanan di dalam usus besar hingga membentuk feses yang siap untuk dikeluarkan.

 

  1. Hindari kebiasaan menahan BAB

Jika Anda terlalu sering manahan Bab, hal ini akan berujung kepada sembelit atau konstipasi yang membuat Anda sulit untuk buang air besar seperti seharusnya. Pada dasarnya, feses yang harus dikeluarkan malah tertahan di usus dan semakin lama feses tersebut tertahan maka akan lebih banyak juga cairan yang diserap oleh usus dari feses sehingga hal ini dapat membuat feses menjadi lebih kering dan sulit untuk dikeluarkan.

 

Nah, itu dia hal-hal seputar konstipasi atau sembelit dan juga cara menanganinya. Semoga artikel ini bermanfaat.