IT Infrastructure atau infrastruktur TI pada umumnya digunakan untuk mendukung sebuah bisnis agar semakin cepat maju. Hal ini tentu saja sesuai dengan pengertian infrastruktur TI dan manfaatnya yang memang ditujukan untuk mendukung kinerja suatu organisasi. Namun, jika kita berbicara mengenai ITnya sendiri, penggunaannya sebenarnya jauh lebih luas tergantung pada jenisnya. Salah satu yang saat ini paling umum digunakan adalah multimedia.multimedia teknologi

Ketika berbicara tentang multimedia, mungkin kamu langsung berpikir tentang sebuah animasi atau gambar bergerak. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah, namun sebenarnya lebih luas dari itu. Dalam dunia komputer, multimedia berarti menggunakan media komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, ataupun video. Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja yuk kita bahas apa saja sih pemanfaatan multimedia dalam berbagai bidang?

  1. Teknik

Dalam bidang teknik, multimedia seringkali dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2 dimensi atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik sipil, teknik industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro, multimedia ini dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang.

  1. Kedokteran

Multimedia pada dunia kedokteran digunakan untuk menggambarkan gelombang detak jantung, scanning tubuh manusia menggunakan sinar X, dan juga penggambaran objek berukuran sangat kecil menggunakan mikroskop yang terhubung ke komputer. Bahkan, multimedia saat ini juga banyak dimanfaatkan untuk keperluan sistem di rumah sakit ataupun apotik, misalnya sebagai untuk mengelola stok obat.

  1. Bisnis

Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat. Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar atau animasi secukupnya, maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.

  1. Hiburan

Siapa yang suka bermain game? Nah, jika kamu termasuk di antaranya, sebenarnya secara tidak langsung kamu sedang memanfaatkan multimedia. Tidak hanya game digital saja, jika kamu sedang menonton video atau film sekalipun, sebenarnya kamu sedang memanfaatkan multimedia.

  1. Pendidikan

Tidak berbeda jauh dengan pemanfaatan multimedia untuk keperluan presentasi, dalam dunia pendidikan, multimedia juga digunakan oleh tenaga pengajar sebagai media penyampaian materi. Hal ini, akan membuat murid dapat semakin mudah menangkap materi yang disampaikan oleh tenaga pengajar, karena tampilannya menarik dan tidak membuat ngantuk.

Selain dalam lima bidang di atas, apa kamu pernah memanfaatkan multimedia untuk bidang yang lain? Share di sini yuk! (Vita)