Hore, pengajuan kredit truk Mitsubishi untuk keperluan usaha berhasil diterima. Akhirnya, bisa punya mobil truk sendiri dan tidak perlu lagi menyewa truk dari orang lain. Hal yang pastinya membahagiakan sekali, bukan?

Memang, berita pengajuan kredit diterima sangat membahagiakan, tetapi jangan lupa bahwa setelahnya ada kewajiban yang harus Anda lakukan, yaitu mulai bulan depan Anda harus membayar cicilan kredit kendaraan Anda. Jika tidak maka bersiaplah untuk menanggung konsekuensinya, yaitu penarikan kendaraan.

Terdengar menakutkan ya? Apalagi jika Anda sudah mencicil selama setahun lebih dan tiba-tiba kendaraan ditarik karena Anda terlambat membayar cicilan. Eits, jangan keburu takut dulu karena lembaga pembiayaan biasanya tidak akan begitu saja menarik kendaraan Anda tanpa alasan yang jelas.

Ketika Anda sebagai debitur gagal memenuhi pembayaran cicilan hingga melewati tanggal jatuh tempo, biasanya pihak kreditur atau lembaga pembiayaan akan mengirimkan petugas ke tempat Anda. Dari sinilah pihak lembaga pembiayaan akan menilai apakah Anda tidak membayar karena sedang kesulitan keuangan atau karena niat Anda memang tidak baik. Jika Anda menunjukkan kecenderungan untuk kabur atau bertanggung jawab, maka lembaga pembiayaan biasanyaa akan melakukan penarikan kendaraan meskipun Anda baru telat satu bulan.

Namun ketika lembaga pembiayaan melihat bahwa Anda tidak berniat kabur dan belum membayar cicilan karena lupa atau sedang mengalami masalah keuangan, maka biasanya mereka akan memberikan keringanan. Sebab, batas waktu keterlambatan pembayaran hingga akhirnya kendaraan ditarik memang biasanya adalah sekitar 2 hingga 3 bulan. Meskipun lembaga pembiayaan tidak melakukan penarikan kendaraan dan memberi keringanan, tetap saja debitur Anda akan dikenai denda keterlambatan dengan persentase sesuai dengan yang sudah disepakati. Hanya saja, aturan mengenai hal tersebut bergantung pada kebijakan lembaga pembiayaan tempat Anda mengajukan kredit.

Agar hal tersebut tidak menimpa Anda, maka ada baiknya jika Anda memperhitungkan baik-baik sebelum mengajukan kredit kendaraan. Selain itu, Anda juga bisa menyisihkan sebagian penghasilan untuk dana cadangan pembayaran kredit yang nantinya bisa Anda gunakan untuk membayar cicilan saat tiba-tiba ada hal yang membuat kondisi keuangan Anda berantakan. Jadi Anda tidak akan pusing mencari uang untuk membayar cicilan karena sudah mempersiapkannya terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat!