Tidak ada investor yang ingin mengalami kerugian, karena itu mereka pasti akan mencari investasi menguntungkan dalam bidang yang menurutnya paling dikuasai. Untuk beberapa calon investor yang ingin berinvestasi namun belum terlalu memahami dunia investasi, bisa menyalurkan dananya melalui berbagai lembaga jasa investasi. Namun, kita harus waspada saat memilih lembaga ini, karena banyak lembaga investasi palsu yang memanfaatkan investor awam untuk menipu dan mendapatkan keuntungan dari investor tersebut.

Ada beragam jenis investasi yang bisa dipilih oleh seorang investor saat ingin berinvestasi. Memberikan bantuan pinjaman pada seseorang agar mendapatkan modal saat memulai usaha juga merupakan salah satu jenis investasi yang banyak dilakukan. Namun, risiko dari investasi ini cukup besar, apalagi jika orang yang kita pinjamkan masih benar-benar awam dengan dunia bisnis  ataupun wirausaha. Karena itulah, biasanya tipe investor agresif yang mau untuk berinvestasi dalam bidang ini.

Memang, tipe investor akan mempengaruhi jenis investasi yang diambilnya. Untuk lebih memahami mengenai tipe investor ini, berikut ini adalah pembahasannya.

  • Investor Konservatif

InvestorInvestor tipe ini cenderung bermain aman, karena tidak berani untuk mengambil risiko. Lebih memilih untuk mendapatkan keuntungan sedikit dan perlahan, namun aman dari risiko mengalami kerugian. Produk yang umumnya dipilih oleh tipe investor ini yaitu produk dengan suku bunga rendah, seperti reksadana atau obligasi.

  • Investor Moderat

Meskipun berhati-hati saat mengambil keputusan berinvestasi, namun investor tipe ini masih lebih berani mengambil risiko dibandingkan tipe konservatif. Investor moderat umumnya akan mulai menginvestasikan dananya dalam jumlah lebih besar dari yang diinvestasikan oleh investor konservatif di investasi yang berisiko, namun tetap berinvestasi pada investasi aman.

  • Investor Agresif

Investor ini siap untuk mengambil risiko tinggi dengan bermain pada bidang investasi yang menawarkan keuntungan besar. Walaupun, tidak jarang, kerugian yang akan diterimanya juga tidaklah sedikit ketika investasi yang pilihnya mengalami kegagalan. Prinsip yang dipegang oleh investor tipe ini adalah, harus berani mengambil risiko jika ingin mendapatkan keuntungan dalam jumlah besar.

Di antara ketiga tipe investor ini, manakah yang paling sesuai dengan karakter Anda? (Vita)