Minyak bumi merupakan bahan bakar cair dan masuk ke dalam salah satu jenis bahan bakar berdasarkan wujudnya. Namun, sebelum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, tentunya minyak bumi yang masih dalam kondisi mentah diproses dan olah terlebih dahulu. Barulah distributor bahan bakar minyak mendistribusikan berbagai olahan minyak bumi mentah ini agar sampai ke konsumen.minyak bumi

Lalu, apa sajakah hasil olahan minyak bumi mentah tersebut? Berikut ini adalah beberapa hasil olahan yang cukup sering dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari:

  1. Minyak tanah

Dulu, minyak tanah merupakan salah satu hasil olahan minyak bumi yang sering digunakan untuk memasak. Sebab, minyak tanah atau kerosin ini merupakan cairan yang sangat mudah terbakar, sehingga sangat baik digunakan sebagai bahan bakar untuk menyalakan api saat memasak. Namun tentunya, minyak tanah hanya digunakan untuk kompor yang berupa tungku, dan bukan kompor gas. Akan tetapi, saat ini keberadaannya mulai langka sejak pemerintah mulai mengkampanyekan memasak dengan menggunakan kompor gas.

  1. Bensin

Semua pemilik kendaraan pasti membutuhkan bensin untuk dapat menjalankan kendaraannya. Bensin merupakan hasil olahan minyak bumi dengan oktana dan n-heptana sebagai komponen utamanya. Ada beberapa jenis bensin yang tersedia di masyarakat sesuai dengan kualitasnya. Perbedaannya yaitu, terdapat di jumlah bilangan oktan. Semakin tinggi jumlahnya, maka akan semakin baik juga kualitasnya.

  1. Solar

Solar merupakan bahan bakar minyak yang digunakan khusus untuk mesin diesel, baik pada kendaraan maupun mesin industri. Solar tidak mudah menguap seperti LPG saat berada di suhu normal,. Akan tetapi, kandungan sulfur pada solar lebih tinggi jika dibandingkan dengan bensin ataupun minyak tanah.Sama halnya dengan bensin, solar juga memiliki beberapa kualitas yang didasarkan pada aspek pembakaran, kekentalan, kestabilan, dan kandungan sulfurnya.

  1. LPG

Selain menghasilkan zat berbentuk cair, minyak bumi mentah juga bisa mengghasilkan bahan bakar dalam bentuk lainnya, yaitu gas cair. Di dalam LPG ini, terkandung beberapa unsur yaitu propana, butana, etana, dan pentana. Serta diberikan senyawa merkaptan untuk memberikan bau yang khas. Tujuannya agar konsumen menyadari ketika terjadi keboccoran gas sehingga bisa waspada.

Selain dari keempat hasil olahan tersebut, masih banyak lagi hasil olahan minyak bumi yang mungkin sering kita manfaatkan. Sayangnya, minyak bumi mentah termasuk kategori sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Jadi, wajib bagi kita untuk bijak dalam memanfaatkannya. (Vita)