Sistem pelumasan dalam dunia industri adalah sebuah sistem pemeliharaan atau perawatan pada perangkat mesin. Fungsinya adalah untuk mendinginkan komponen mesin secara langsung, membilas kotoran yang menempel pada komponen, melumasi komponen mesin yang bergesakan, dan juga mencegah terjadinya keausan pada setiap komponen mesin. Banyak sekali industri di Indonesia yang membutuhkan sistem ini sehingga tak heran jika banyak perusahaan lubrication system Indonesia akhir-akhir ini. Salah satunya adalah SKF Lincoln, perusahaan sistem peralatan pelumasan yang didirikan pada tahun 1910.

Lantas, industri apa saja sih yang sebenarnya sangatlah membutuhkan sistem pelumasan ini? Cek daftarnya, ya:

  1. Pertambangan

Tidak bisa disangkal, salah satu poin penting dalam industri pertambangan adalah alat berat. Agar semua proyek bisa berjalan lancar, tentunya memastikan alat berat bekerja sesuai dengan kapasitasnya merupakan opsi terbaik. Disarankan memilih lubrication system terbaik di Indonesia untuk mengurangi keausan pada alat berat. Dengan demikian, proyek bisa berjalan lancar dan cost efficient.

  1. Pertanian

Petani-petani kini menghadapi banyak tantangan: tak hanya bagaimana caranya menyiasati perubahan iklim yang bisa berdampak pada kebun mereka, tetapi juga merawat mesin kendaraan mereka di permukaan tanah yang kadang tak bisa diprediksi. Oleh sebab itulah, sistem peralatan pelumasan sangatlah dibutuhkan di industri ini untuk memangkas pengeluaran dan memastikan keselamatan ketika bekerja.

  1. Percetakan

Percetakan merupakan industri yang masih berdiri meskipun digempur oleh digitalisasi. Sebuah percetakan, terutama percetakan buku, biasanya memiliki mesin yang tak berhenti selama 24 jam penuh. Nah, sistem peralatan pelumasan berfungsi untuk memastikan bahwa mesin press yang dipakai dalam percetakan berjalan dengan optimal.

  1. Transportasi

Perusahaan transportasi umum terus menerus berhadapan dengan tekanan untuk meningkatan pendapatan dan produktivitas, dengan menggunakan armada yang ada. Namun demikian, jika digunakan terus menerus tanpa dirawat, bukan untung yang didapat melainkan bencana. Sebab mesin kendaraan juga perlu dirawat, bukan? Itulah mengapa industri transportasi banyak yang menggunakan sistem peralatan pelumasan.

Selain empat industri di atas, tentunya masih banyak lagi industri yang juga membutuhkan sistem pelumasan ini, seperti bongkar muat, kereta api, dan lainnya. Semoga membantu, ya!