Ekspansi bisnis sering menjadi alasan utama di balik keputusan pindahan kantor pada banyak perusahaan. Hal ini tentu wajar bila mengingat pertumbuhan bisnis itu harus sejalan dengan pertumbuhan sumber daya dan modal pula. Namun, tahukah Anda jika relokasi  kantor—atau pindah kantor—itu bisa dilakukan dengan alasan sesederhana untuk mengganti suasana? Menurut sejumlah riset, hal ini bisa memberikan dampak besar bagi karyawan Anda, lho. Memang, apa saja, sih, manfaat dari relokasi kantor?

Menghadirkan suasana kerja yang baru

Seperti yang sudah disebutkan di atas, relokasi kantor bisa juga diawali dengan ide untuk mengganti suasana kerja. Pasalnya, suasana kerja yang baru dapat meningkatkan semangat kerja—sekaligus ide-ide baru—para pekerja Anda. Efeknya adalah pekerja merasa senang dan mereka bisa lebih produktif.

Mengurangi biaya operasional

Memasuki tahun 2022, sistem kerja hybrid—konsep bekerja dari rumah atau tempat lainnya dan hanya perlu datang ke kantor beberapa kali dalam kurun waktu tertentu—merajalela dalam banyak perusahaan. Langkah ini awalnya bertujuan untuk mengurangi potensi pemaparan virus dari satu pekerja ke pekerja lain.

Akan tetapi, konsep ini sebetulnya bisa membantu perusahaan untuk menghemat biaya sewa ruangan atau gedung kantor. Sebab, perusahaan tidak perlu menyediakan ruang dan meja-kursi sebanyak total karyawannya, alih-alih sepertiga atau seperempatnya saja.

Membantu perkembangan perusahaan

Manfaat dari relokasi kantor juga dapat berbentuk perkembangan perusahaan, lho. Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama, suasana kerja yang baru dapat meningkatkan semangat kerja dan menambah produktivitas karyawan. Hal ini tentu menyumbang hasil produksi dan perkembangan skala perusahaan, bukan?

Mempertahankan karyawan terbaik

Manfaat satu ini sering luput dari analisis para pemilik usaha. Sebab, mempertahankan karyawan terbaik “hanya” karena pindahan kantor tidak akan terlihat secara instan. Padahal, relokasi kantor ke tempat yang lebih baik bagi karyawan tertentu itu bisa membuat mereka senang, merasa dihargai, dan bertambah betah bekerja. Alhasil, pikiran-pikiran atau rencana untuk hengkang dari kantor pun batal terlaksana.

Itulah dia beberapa manfaat dari relokasi kantor. Berdasarkan ulasan di atas, keuntungan yang bisa perusahaan peroleh dari aksi pindah kantor—tentunya ke tempat yang lebih baik atau strategis—relatif banyak dan dapat bersifat jangka panjang.