Siapa sih yang tidak suka kentang goreng? Hampir di setiap kafe dan restoran western menyediakan menu kentang goreng. Rasanya memang nikmat dan cocok untuk dijadikan cemilan sambil bersantai. Akan tetapi, coba deh untuk mengonsumsi kentang dengan cara lain agar bisa menjadi cemilan sehat untuk mengganjal rasa lapar. Cara kita mengolah kentang dapat memengaruhi kandungan vitamin dan nutrisi pada kentang, lho. Padahal, kentang memiliki kandungan seperti vitamin B-6 dan niacin yang harus dijaga. Karena itu, yuk langsung simak bagaimana cara mengolah kentang yang lebih sehat!

  • Mengukus kentang

Kentang yang dikukus akan jauh lebih sehat daripada kentang goreng. Bagaimana tidak, kentang goreng yang selama ini kita konsumsi mengandung lemak yang tidak sehat akibat proses pemanasan secara konstan. Hal ini bisa dihindari dengan mengukus kentang.

Meskipun demikian, banyak orang yang tidak menyukai kentang kukus karena rasanya terlalu hambar. Nah, jangan khawatir, kita bisa menambahkan beberapa rempah segar seperti lada hitam atau atau jintan yang dapat menambah cita rasa dan menyehatkan tubuh.

  • Memanggang kentang

Jika dirasa kentang kukus bukan menu yang sesuai dengan selera kita, maka kita bisa mencoba alternatif lain yaitu membuat kentang panggang. Sebaiknya saat memanggang kentang kita tetap menyertakan kulit kentang karena dapat memberikan lebih banyak kandungan serat dan kalium. Untuk mempertahankan nutrisi kentang, sebaiknya kita membungkus kentang dengan alumunium foil terlebih dahulu sebelum memanggang.

  • Membuat Salad

Jika ingin lebih sehat lagi, kita bisa mengonsumsi kentang dengan mengolahnya sebagai topping salad. Eits, tapi perhatikan topping salad yang lainnya juga ya, pastikan kita menggunakan topping yang sehat dan bukan yang mengandung gula dan lemak tinggi. Kita bisa mengganti mayonaise dengan greek yogurt tawar dan menambahkan topping lain seperti seledri, paprika, selada dan lain-lain.

  • Mashed potato

Nah, ini dia salah satu cara menikmati kentang yang enak dan sehat. Kita bisa mengolahnya menjadi mashed potato. Asalkan, susu skim atau yogurt yang digunakan untuk membuatnya harus yang rendah lemak ya. Mashed potato juga termasuk ke dalam salah satu makanan yang aman untuk penderita sakit maag, jadi bisa dikonsumsi.

Selamat mencoba! (Rima)