Asuransi Kesehatan kini juga banyak di lirik dan menjadi salah satu produk asuransi yang penting selain asuransi jiwa. Di mana asuransi kesehatan ini sangat bermanfaat untuk semua kalangan baik tua, muda, bahkan para balita. Kita tahu makin ke sini, di mana perkembangan dan pembangunan terus digalakkan membuat biaya-biaya pendukung seperti biaya kesehatan makin mahal bahkan tidak dapat di jangkau oleh kalangan menengah ke bawah.

Manfaat Asuransi Kesehatan

Sesuai dengan namanya, asuransi kesehatan digunakan untuk mengcover dan melindungi dari biaya-biaya kesehatan seperti biaya konsultasi dokter dan tagihan rumah sakit ketika harus dirawat di rumah sakit. Dengan ikut produk asuransi kesehatan, sama saja kita menginvestasikan uang yang kita miliki juga sebagai persiapan ketika menghadapi penyakit berbahaya seperti kanker atau jantung yang terkadang datang secara mendadak. Sehingga semua biaya perawatan, pengobatan, sekaligus pemulihan dapat terbiayai semua. Oleh karena itu Asuransi Kesehatan Juga Tidak Kalah Penting dengan produk-produk asuransi lainnya.

Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik

Asuransi KesehatanTentu kita semua menginginkan untuk mendapatkan asuransi kesehatan yang terbaik bukan ? Tentu untuk mendapatkannya, butuh pengorbanan seperti memilih dan membandingkan terlebih dahulu beberapa perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kesehatan. Ada beberapa faktor penting yang dapat membantu kita dalam membantu untuk memutuskan asuransi kesehatan yang terbaik di Indonesia sesuai dengan kebutuhan, diantara nya seperti :

  • Pelajari

Sudah dijelaskan bahwa perusahaan asuransi di Indonesia sudah banyak, dan produk asuransi kesehatan ini menjadi salah satu produk unggulannya. Selain itu kini ada produk yang menjadi buah bibir pembicaraan yakni Asuransi Investasi yang menyatukan asuransi dengan investasi. Berbeda dengan asuransi kesehatan sendiri ada banyak jenisnya seperti plan pendapatan kecacatan (disability income plan), plan penyakit kritis (critical illness plan), plan rawat inap dan operasi (hospitalization and surgical plan).

Khusus untuk plan pendapatan kecacatan akan memberikan bantuan finansial ketika Anda mengalami cedera bahkan menderita kecacatan yang menyebabkan kelumpuhan dan ini menjadi Anda tidak bisa lagi bekerja karena kejadian luar tak terduga (unexpected external event).

  • Rencanakan anggaran

Ketika memutuskan untuk mengikuti produk asuransi kesehatan, bukan hanya fitur dan cakupannya saja, namun budget atau anggaran juga mesti dipersiapkan. Dana yang dipersiapkan nanti ini digunakan untuk membayar premi asuransi kesehatan yang akan dibayarkan setiap bulannya.

Tingginya biaya premi asuransi kesehatan ditentukan beberapa faktor seperti catatan medis, jenis kelamin, berat badan, perokok atau bukan. Semakin banyak cakupan yang kita itu akan membuat biaya premi asuransi juga ikut tinggi.

  • Lebih baik memilih batas usia yang lebih tinggi

Ketika mendaftar asuransi kesehatan, maka sangat dianjurkan untuk memilih batas usia yang lebih tinggi. Ketika ada 2 pilihan yang memberikan cakupan antara 80 tahun dan 85 tahun, maka sebaiknya pilihlah perusahaan asuransi yang menawarkan cakupan yang 85 tahun. Namun sebelum memilih nya, pertimbangkan anggaran dana saat memutuskan batas usia tersebut. Atau bisa melihat sejarah usia pada keluarga Anda dan ini bisa menjadi faktor menentukan untuk memilih jenis asuransi kesehatan yang ditawarkan.

  • Pilih batas usia pakai tinggi

Ketika memilih batas usia pakai, maka pertimbangkan juga semua tagihan rumah sakit dan biaya-biaya kesehatan lain yang memang harus dibayarkan tunai dan segera dilunasi. Selain itu fikirkan juga biaya untuk proses pemulihan selama Anda berada di rumah sakit. Sebuah produk asuransi khususnya asuransi kesehatan sudah seharusnya memiliki polis asuransi minimal 1 miliar.

  • Hindari sistem Co-Payment (Copay)

Beberapa perusahaan asuransi di Indonesia kini menerapkan Co-Payment, di mana ini merupakan biaya diluar dari premi asuransi yang haris dibayarkan sebagai penjamin produk asuransi yang Anda ikuti. Baiknya, hindari perusahaan asuransi yang menerapkan sistem ini karena tentunya ini akan sangat membebani Anda. Jika tetap pada pendirian dan tidak ada masalah dengan sistem ini, maka bacalah terlebih dahulu kondisi dan persyaratan yang ditawarkan sebelum bergabung di salah satu asuransi kesehatan tersebut.

Jadi, jika semua point-point yang ada di atas sudah sesuai dengan kebutuhan Anda maka ini bisa dikategorikan sebagai asuransi kesehatan terbaik. Selamat berburu dan memilih! -apuy-